Pavarotto

Just Pavarotto, That's All !

Facebook Bikin Cerdas, Twitter Bikin Bodoh

facebook-vs-twitterPengguna Facebook bisa meningkatkan kecerdasannya, sementara pengguna layanan mikroblogging Twitter, dapat membuang sel-sel otaknya. Demikian kesimpulan yang diungkapkan seorang psikolog Dr Tracy Alloway asal Skotlandia.

Dr Tracy Alloway mengatakan, beberapa jejaring sosial, seperti Facebook, sesungguhnya bisa meningkatkan daya kerja ingatan. Pasalnya, sistem jejaring tersebut mengharuskan orang menyimpan banyak informasi di dalam kepala mereka. Namun, kata wanita ahli ilmu jiwa itu, fenomena seperti jejaring Twitter malah mungkin mengurangi kemampuan orang untuk mengingat banyak hal. Menurut Alloway juga, menonton video di YouTube hanya membutuhkan sedikit kemampuan ingatan dan memiliki dampak negatif terhadap tingkat kecerdasan.

”Memainkan video game bertema perang dan memecahkan teka-teki Sudoku juga bisa memicu kemampuan memori, “ jelas Alloway.

Alloway mengklaim bahwa memori bekerja lebih penting teradap kesuksesan dan kebahagiaan dibandingkan dengan IQ. Dalam penelitian selama 8 minggu yang dilakukan terhadap anak berusia 11 sampai 14 tahun, performa kemampuan membaca dan berhitung mereka yang lamban dalam belajar meningkat secara signifikan, demikian pula dengan IQ mereka setelah memori bekerja mereka dirangsang. “Efeknya sangat luar biasa,” kata Alloway pada ajang British Science Festival di University of Surrey di Guilford belum lama ini.

Di Twitter, kata Alloway, pengguna mendapatkan arus informasi yang tidak ada habis-habisnya, tetapi itu juga sangat ringkas. Pengguna tidak perlu memproses informasi itu dan perhatian pengguna direduksi. Pengguna Twitter juga tidak memanfaatkan otak dan meningkatkan hubungan antar saraf.

Game perang, kata Alloway, membuat orang menggunakan memori bekerjanya dan menyimpan informasi tindakan sebelumnya serta merencanakan pergerakan yang akan datang. Selain itu, terbukti juga bahwa menonton TV secara berlebihan ada kaitannya dengan kelainan mental serta penggunaan SMS berlebihan dengan nilai IQ yang rendah.

”Sudoku juga bagus untuk melatih kemampuan otak, sama halnya dengan mengamati teman-teman di Facebook. Akan tetapi, menuliskan pesan teks di Twitter dan menonton video di YouTube tidak bagus dalam menstimulasi memori bekerja,” urai Alloway.

Jadi yang bagus apa Mrs Alloway, bikin blog ya….

2 October 2009 - Posted by | Opini dan Harapan |

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: