Pavarotto

Just Pavarotto, That's All !

Pake Batik Hari Ini

batikDemam batik melanda sejumlah kota di Indonesia, Jumat (2/10). Di Yogyakarta, misalnya, batik digunakan untuk acara resmi dan santai. Tidak ketinggalan, petugas kebersihan, tukang ojek dan penjual mi ayam pun ikut serta mengenakan batik saat menjajakan dagangannya.

Imbauan untuk mengenakan batik itu dimaksudkan sebagai ungkapan kegembiraan dan kebanggaan bangsa Indonesia karena UNESCO akan mengukuhkan batik sebagai warisan budaya nonbenda (the world intangible cultural heritage) dari Indonesia. Berkait dengan itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya sudah menginstruksikan kepada semua gubernur di seluruh Indonesia agar mengimbau warganya mengenakan batik pada tanggal 2 Oktober

Pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia ini merupakan momentum yang sangat menggembirakan bagi seluruh warga negara. Batik Indonesia didaftarkan oleh kantor Menko Kesra kepada UNESCO untuk mendapatkan status Intangible Cultural Heritage (ICH). Keputusannya akan diberikan pada 2 Oktober dalam rapat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pukul 16.00 waktu setempat atau 20.00WIB. Bila permintaan itu diterima, batik akan menjadi warisan ketiga Indonesia yang terdaftar dalam tangible Heritage of Humanity UNESCO, setelah wayang (2005) dan keris (2003). Selanjutnya yang sedang daftarkan adalah gamelan dan angklung.

Sebagai informasi, kita sebenarnya banyak salah kaprah dalam mengartikan apa itu batik. Mulanya saya dan mungkin banyak teman-teman mengira yang namanya batik itu adalah motif, bila melihat kain yang menggunakan motif-motif parang rusak, mega mendung, trumtum dll , maka umumnya orang mengatakan itu batik. Atau berdasarkan asal daerahnya, misalnya kita kenal  batik Solo, batik Jogja, batik Pekalongan, batik Cirebon dan lainnya. Mari kita coba tengok definisi batik dalam beberapa versi.

Yang pertama adalah versi Wikipedia : Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik”. Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak – menggunakan canting atau cap – dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak “malam” (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing. Jadi kain batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna. Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisa diterapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester). Kain yang pembuatan corak dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik ini dikenal dengan kain bercorak batik – biasanya dibuat dalam skala industri dengan teknik cetak (print) – bukan kain batik.

Yang kedua adalah versi Kamus Besar Bahasa Indonesia, batik (kata benda) yaitu kain bergambar yg pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu. Dan yang ketiga adalah versi umum yang disepakati pada Konvensi Batik Internasional di Yogyakarta 1997 adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada suatu media dengan menggunakan lilin (wax) —dalam istilah Pekalongan malam— sebagai alat perintang warna.

Kembali ke pemakaian batik hari ini, apakah cukup hanya satu hari saja pake batik tiap tanggal 2 Oktober, untuk dapat melestarikan batik warisan nenek moyang kita? Tentu saja sangat-sangat kurang. Batik dalam tradisi fashion masyarakat Indonesia masih sebatas pakaian formal saat menghadiri kondangan. Terus apa yang harus kita lakukan sebagai warga masyarakat dalam rangka ikut berperan serta dalam melestarikan batik?

2 October 2009 - Posted by | Opini dan Harapan |

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: