Pavarotto

Just Pavarotto, That's All !

Angka 13, Untung apa Sial

13Angka 13, bagi saya merupakan angka yang biasa saja seperti angka-angka lainnya tapi sedikit memiliki arti tersendiri setidaknya di tanggal itulah isteri tercinta dilahirkan. Tapi untuk sebagian orang di Indonesia maupun di seluruh dunia, angka 13 jadi angka yang mesti dihilangkan dari deret angka.

Di beberapa negara dari seluruh belahan dunia menganggap angka 13 adalah angka sial termasuk negara Indonesia, bagi orang China dan Jepang yang di anggap angka sial adalah angka 4, ada apa sebenarnya dibalik angka yang satu ini ?

Dari orang paling kere sampai seorang bangsawan terpelajar pun mempercayai angka 13 merupakan angka sial, sehingga ada terkesan ada peringatan untuk menjauhi angka tersebut jika tidak ingin hidup sengsara. Sampai saat ini mitos tentang angka 13 masih tetap eksis. Sebagai contoh banyak dari gedung pencakar langit tidak memiliki lantai 13 yang ada hanyalah lantai 12a atau langsung loncat ke lantai 14. Sepertinya hal ini sudah membudaya sehingga banyak orang lebih suka menomori rumahnya dengan nomor 12a ketimbang nomor 13.

Angka Tiga belas dalam mitologi Eropa kuno adalah angka sial. Begitu diyakininya takhyul ini sampai-sampai muncul kisah-kisah yang menggelikan. Salah satunya adalah (konon) seorang puteri dari kerajaan Inggris yang menolak mentah-mentah mahar rumah mewah dari seorang pangeran yang meminangnya. Apa pasalnya? Rupanya rumah mewah tersebut bernomor 13 sehingga sang puteri ‘alergi’ menerimanya.

Bagi orang China dan Jepang angka 4 dipandang sial karena 13; 1 + 3 = 4. Angka 4 jika diucapkan dengan intonasi yang berbeda dalam bahasa China memiliki 2 makna yang berbeda. Dapat bermakna empat bisa juga bermakna ‘Mati’. Jika anda berkesempatan berkunjung ke China, cobalah mengunjungi Hotel ataupun Restoran maka anda tidak akan menemukan satupun angka 4.

Mengapa angka 13 dianggap sebagai angka sial ? Sebenarnya Takhayul dan Mitos ini berasal dari ajaran kuno yang bernama Kabbalah. Kabbalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno, Bangsa Yahudi sejak dahulu sudah memelihara ajaran Kabbalah secara ketat. Sehingga kaum Yahudi di Marseilles, Perancis Selatan, telah membukukan ajaran Kabbalah yang sebelumnya hanya diturunkan secara lisan. Kaum yang satu ini juga gemar mengutak-atik angka (Numerologi) sehingga mereka disebut kaum Geometrian.

Menurut kaum Geometrian angka 13 merupakan angka suci yang mempunyai daya magis dan religius, sama seperti angka 11 dan 666. Dalam berbagai simbol yang terkait Kabbalisme mereka selalu mensisipi angka 13 kedalamnya. Sebagai contoh Kartu Tarot yang berjumlah 13 juga Kartu Remi (As, 2-9, Jack, Queen, King).

Kaum Kabbalis sangat mengagungkan angka 13, selain tentu saja angka-angka lainnya seperti angka 11 dan 666. Angka ini dipakai dalam berbagai ritual setan. Bahkan simbol Baphomet atau Kepala Kambing Mendez (Mendez Goat) pun dihiasi simbol 13. Itulah sebabnya angka 13 dianggap sebagai angka sial karena menjadi bagian utama dari ritual setan.

Kembali ke Indonesia….. sebenernya yang dianggap sial di Indonesia itu bukan 13, tapi 12. Orang banyak mengucapkan ‘Celaka Dua Belas’ bukan ‘Celaka Tiga Belas’ jika sesuatu menimpa dirinya. Alin lagi ceritanya jika angka 13 dihubungkan dengan PNS, karena disini terjadi anomali karena mungkin hanya PNS di Indonesia saja yang sangat mengidolakan angka 13. Percaya Tidak Percaya, Anda harus sangat percaya bahwa PNS Indonesia sangat mendambakan angka 13, mereka sangat menunggu-nungu angka 13. Tidak lain tidak bukan, angka 13 identik dengan Gaji ke-13, sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya, meskipun nilainya juga katanya cuma bisa untuk beli Raskin alias Beras Miskin !

15 October 2009 - Posted by | Catatan | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: