Pavarotto

Just Pavarotto, That's All !

Asyik…. Sudirman-Thamrin Bebas Banjir

banjir ibu kotaKabar gembira bagi pegawai atawa karyawan yang dines nya saban hari di kawasan Sudirman Thamrin Jakarta, kawasan ini  diprediksi akan bebas banjir pada 2010 menyusul dioperasikannya pompa air Cideng.Banjir di jalan utama Ibu Kota ini sudah dalam taraf mengganggu.

Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta Fahrurrazi memaparkan, pompa air Cideng sebetulnya sudah ada sejak 1990-an dengan kekuatan 40 m3 per detik. Namun, pompa itu mengalami kerusakan akibat penurunan permukaan tanah (land subsidence) yang terjadi di kawasan Thamrin. Penurunan permukaan tanah itu menyebabkan tanah di lokasi pompa air menjadi landai sehingga air sulit mengalir ke pompa air.
”Akibatnya,pompa yang ada tidak berjalan.Otomatis kami harus menurunkan lagi permukaan airnya sehingga air dari Thamrin mengalir ke pompa air Cideng ini. Kalau ini berfungsi, Thamrin akan bebas dari banjir,” papar Fahrurrazi di Balai Kota DKI Jakarta. Selain itu, Dinas PU akan menambah dua pompa air baru di Cideng berkekuatan 2 m3 per detik.

Revitalisasi pompa air Cideng tersebut membutuhkan dana hingga Rp38 miliar. Sebanyak Rp23 miliar sudah dikeluarkan tahun ini untuk pembelian pompa. Sementara itu, tahun depan dianggarkan lagi untuk membeli panel dan generator set (genset) sebesar Rp15 miliar. ”Pada 2010, pompa air Cideng yang telah diperbaiki akan beroperasi,”tuturnya.

Banjir di kawasan Thamrin ini memang sudah dalam taraf mengganggu. Bahkan, pada Februari 2008,Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah terjebak banjir di kawasan ini.Presiden terpaksa pindah ke mobil pengawal, sedangkan mobilnya ditinggalkan di seberang gedung Sarinah.

Banjir paling hebat di kawasan ini terjadi pada 2002. Air setinggi 150 cm menggenang, mulai Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Bundaran Air Mancur depan gedung Bank Indonesia (BI).Lalu lintas lumpuh, bahkan banyak mobil yang teronggok terendam banjir. Denyut ekonomi pun sempat terhenti sementara karena tidak ada kendaraan yang berani melintas.

Pada 2007,banjir juga menggenangi kawasan ini, tetapi dengan intensitas yang rendah, antara 20–50 cm. Banjir itu terjadi di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan Wahid Hasyim,yang menghubungkan Jalan Sabang dengan pusat perbelanjaan Sarinah,Jalan Kebon Sirih Timur depan Hotel Cemara, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Grand Indonesia, hingga Hotel Mandarin Oriental.

Sementara itu,Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DKI Jakarta menyatakan siap membantu Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan banjir.Bahkan,dana banjir akan dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Anggota DPD DKI Jakarta Djan Faridz mengungkapkan, salah satu program yang diwacanakan DPR ialah pembangunan waduk Ciawi dan perbaikan waduk-waduk lainnya yang sudah dalam keadaan rusak.

”DPR tertarik dan akan mengupayakan untuk meminta pemerintah pusat menganggarkannya dalam APBN tahun depan,”ujarnya. Djan menyatakan, banjir di Jakarta sudah dalam taraf mengkhawatirkan. Pemprov tidak dapat menangani sendiri karena banjir di Jakarta memiliki keterkaitan erat dengan kondisi daerah penyangga, yakniBekasi,Depok,dan Tangerang.

Anggota DPD DKI Jakarta AM Fatwa menyatakan,peranan pemerintah pusat sangat penting karena koordinasi antarwilayah penyangga untuk menangani banjir belum maksimal. Menurut Fatwa, penanganan banjir mesti secepatnya dilakukan karena banjir yang terjadi setiap tahun memengaruhi perekonomian nasional.

Iya … sudirman Thamrin nda’ banjir, tapi gimana mau ke Sudirman-Thamrin kalo akses ke sana terhalang banjir …? Harapannya seh bukan cuma Sudirman Thamrin aja yang bebas banjir, tapi Jakarta dan Sekitarnya juga, Gimana Pemerintah..?

http://www.seputar-indonesia.com

19 October 2009 - Posted by | Berita, Harapan | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: