Pavarotto

Just Pavarotto, That's All !

Belok Kiri Langsung, Kau Ku Tangkap !

rambu_belokkiri_langsungSetelah Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas resmi diberlakukan, pelanggar akan dikenakan sanksi tilang dengan denda sebesar Rp 250 ribu. Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, kendaraan bermotor diperkenankan belok kiri langsung. Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 112 ayat 3 yang menyebutkan bahwa pada persimpangan jalan yang dilengkapi isyarat lalu lintas,pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat.

Namun sepertinya aturan tersebut,belum disosialisasikan kepada masyarakat, dan rambu-rambu “Belok Kiri Langsung” dibebrapa tempat masih saja terpasang. Seperti kemarin saat melakukan perjalanan bisnis ke Cilegon, di beberapa lampu merah di kota Cilegon ( dan sepertinya di Jakarta juga) masih banyak yang terpasang. Terus kalo masih terpasang begitu, apakah belok kiri tidak boleh langsung, kan membingungkan?

Tapi sebenernya masih terpasang atau tidak terpasangnya rambu “Belok Kiri Langsung” bagi sebagian besar masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor,  tidak berpengaruh. Melanggar sudah biasa atau aturan dibuat memnag untuk dilanggar karena memang kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih sangat rendah. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan, terutama antara pengendara sepeda motor dan roda empat. Selain itu, tidak sedikit juga pengendara di lajur kiri yang terhambat dan tidak bisa berbelok karena terhalang oleh pengendara lain.

Semoga pemerintah khususnya pihak kepolisian segera mensosialisasikan peraturan tersebut dan bekerja sama dengan Dinas terkait untuk segera juga mencabut plang rambu “Belok Kiri Langsung” agar tidak terjadi kesemrawutan lalu lintas. Dan yang utama adalah kita harus mendukung Polisi agar tegas dalam menerapkan aturan ini dan tidak dijadikan alat “negosiasi” di jalan raya.

Ayo Masyarakat, Pak Polisi… Kita BISA !!!

23 October 2009 - Posted by | Catatan, Opini |

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: