Pavarotto

Just Pavarotto, That's All !

Jenuh dengan pekerjaan anda?

Kian hari Anda merasa tak bergairah, bahkan merasa semakin sulit menemukan inspirasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Rasanya, ada saja yang bikin hati jadi tidak sreg menyelesaikan pekerjaan. Mulai dari alasan butuh ngopi dulu, butuh ngobrol dulu, chatting dulu, ngemil dulu, dan sebagainya. Sampai-sampai waktu terbuang percuma. Hasil kerja pun jadi tak maksimal. Bila dilihat kembali secara jernih, inti permasalahannya memang ada pada diri Anda sendiri, yang sudah kehilangan gairah dalam pekerjaan. Masalah semacam ini,  merupakan hal yang wajar terjadi.

Yang perlu kita lakukan pertama adalah cari tahu apa penyebab anda jenuh dengan pekerjaan anda. Anda perlu mengidentifikasi masalah mana yang sebenarnya menyebabkan Anda jenuh. Jika pekerjaan menuntut Anda selalu mengerjakan hal yang sama setiap hari berulang kali, wajar jika terjadi kejenuhan. Pekerjaan yang tak menimbulkan tantangan, seringkali membuat Anda jadi tak mampu berinovasi.

Mengetahui diri mulai kehilangan gairah dalam bekerja, bukan lantas harus mengganti pekerjaan. Cari tahu dulu, Anda jenuh karena apa? Jika masalahnya adalah pekerjaan yang terlalu rutin, anda disarankan untuk sesekali melakukan variasi kecil dalam pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan beberapa menit untuk beristirahat setelah berjam-jam di depan komputer, misalnya berbincang dengan rekan satu ruangan sejenak. Anda bisa membahas hal-hal lain yang lebih santai seperti bertukar informasi belanja, membicarakan Si Kecil, menanyakan di mana ia membeli aksesori, dan lainnya.

Sedangkan untuk mengatasi jenuh yang disebabkan lingkungan fisik kantor, bisa dengan menata ulang meja kerja. Meletakkan benda-benda yang berhubungan dengan hobi di sudut meja, bisa memberi nuansa berbeda. Anda yang bekerja di dunia kreatif juga bisa menata ulang jadwal maupun prioritas sehari-hari.

Bila hal tersebut sudah kita lakukan tapi rasa jenuh terhadap pekerjaan masih aja tetap menghantui pikiran kita, cobalah langkah yang kedua, yaitu cuti. Ya… mungkin anda butuh istirahat dan butuh sedikit liburan berkumpul dengan keluarga, seperti yang sedang saya lakukan sekarang. Sayamengambil cuti selama 3 hari, untuk mecoba lebih dekat dengan keluarga, bercanda dengan anak dan isteri (hmmm). Lupakan sejenak hiruk pikuk kantor, nikmati benar-benar liburan anda supaya nanti di saat kembali ngantor, kembali bergairah.

Bila langkah ke dua tidak berhasil, masuk kantor setelah berlibur, masih aja jenuh dengan pekerjaan kita, coba langkah ketiga,yaitu pindah pekerjaan. Mungkin pekerjaan yang kita jalani sekarang tidak cocok dengan jiwa kita dan kita terlalu memaksakan perasaan kita untuk mencintai pekerjaan kita. Cobalah untuk mencari pekerjaan lain yang lebih cocok dengan jiwa kita, bisa pindah perusahaan atau juga menjadi entrepreneur.

Bila langkah ketiga juga masih belum berhasil, pekerjaan apa aja membuat anda bosan dan jenuh? sepertinya anda perlu ke psikiater untuk mengetahui apakah anda layak untuk hidup??

Mari kita syukuri apa yang ada, yang kita punya, bukan memikirkan apa yang hilang dari kita atau apa yang belum kita punya, niscaya kita akan tenang dalam hidup.

6 April 2011 - Posted by | Catatan, Opini dan Harapan

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: